Senin, 18 Desember 2017

FAQ MITRA CABANG

Apa itu klikQuick?
Jawab:
KlikQuick adalah perushaan yg bergerak dalam bidang teknologi yang mengembangkan platform Aplikasi marketplace (jual beli online) BERBASIS LOCAL AREA
Yang terhubung langsung dengan transportasi lokal sebagai media pengantaran produknya.

Sebuah konsep baru untuk menjadi solusi "mengonlinekan" dan mendigitalkan produk dan UMKM lokal mulai dri sekala Pedagang Kaki Lima (PKL), Toko, home industri, petani, hingga peternak lokal yang mana diintegrasikan dengan trasnportasi lokal untuk pengantaran (shipping) dan distribusinya berbasis online sehingga proses pengantaran hitungan jam bahkan hitungan menit bisa sampai.

Apa saja jenis kemitraan Cabang klikQuick?

Jawab:

Pengelola cabang wilayah dibagi menjadi 3 level

1. Pengelola cabang Wilayah Provinsi kita sebut dengan KORWIL.

2. Pengelola cabang wilayah Kota/Kab kita sebut dengan KORCAB

3. Pengelola cabang Wilayah Kecamatan kita sebut dengan KORCAM

Apa perbedaan dari KORWIL, KORCAB dan KORCAM?

jawab:

Perbedaanya ada di jangkauan area berdsarkan wilayah dan tugas / jobdesk beserta profit sharingnya.

dan profit sharingnya sebagai berikut

1. KORWIL : profit share 10% dari total pendapatan klikQuick dari wilayah provinsi yang dikelola

2. KORCAB: profit share 30% dari pendapatan klikQuick yang didapat dri seluruh kecamatan di kota/kab yang dikelola

3. KORCAM, profit share 30-40% dari pendapatan klikQuick yang di kelola di wilayah kecamatan yang di kelola.

Apa tugas dan jobdesk KORWIL?


jawab:
tugas dan jobdesknya:

- merekrut dan memastikan untuk setiap kota/kab yang terjangkau koneksi internet di wilayah provinsinya sudah ada pengelola cabangnya atau KORCAB nya

- mengkoordinir Korcab dan emngarahkan tugas2 Korcab

- membantu korcab untuk membangun dan merekrut KORCAM

- membantu KORCAB dalam meningkatkan pertumbuhan jumlah mitra merchant, mitra rider, mitra vendor dan user

- Membantu KORCAB dalam memperomosikab klikQuick dan kerjasama dengan berbagai pihak

- Membantu KORCAB dalam menjalankan operasional klikQuick

- Mengedukasi dan memberikan atahan pada KORCAB Supaya bisa berjalan sesuai dengan arahan

- Memantau dan mengawasi kinerja KORCAB

- melaporkan setiap transaksi, pertumbuhan, dan perkembangan setiap KORCAB

- Bertanggung jawab dalam setiap kebjakan dan pekerjaan yang dilakukan oleh KORCAB
Channel photo updated

18
[6:16:36 AM]FAQ MITRA CABANG:
Apa tugas dan jobdesk KORCAB?
jawab:
tugas dan jobdesknya:

- merekrut dan memastikan untuk setiap kecamatan yang terjangkau koneksi internet di wilayah kotanya sudah ada pengelola cabangnya atau KORCAM nya

- mengkoordinir Korcab dan mengarahkan tugas2 Korcam

- membantu korcam untuk membangun dan merekrut mitra rider, mitra vendor dan merchant juga agen ministore.

- membantu KORCAM dalam meningkatkan pertumbuhan jumlah mitra merchant, mitra rider, mitra vendor dan user

- Membantu KORCAM dalam memperomosikan klikQuick dan kerjasama dengan berbagai pihak

- Membantu KORCAM dalam menjalankan operasional klikQuick

- Mengedukasi dan memberikan atahan pada KORCAM Supaya bisa berjalan sesuai dengan arahan

- Memantau dan mengawasi kinerja KORCAM

- melaporkan setiap transaksi, pertumbuhan, dan perkembangan setiap KORCAM kepada KORWIL

- Bertanggung jawab dalam setiap kebjakan dan pekerjaan yang dilakukan oleh KORCAM

Apa tugas dan jobdesk KORCAM?
jawab:
tugas dan jobdesknya:

- Merekrut dan mengakomodir pendaftaran mitra Rider, Vendor, dan Merchant
- mengkoordinir agen dan mengarahkan tugas2 agen ministore
- berkoordinasi denga KORCAB dalam meningkatkan pertumbuhan jumlah mitra merchant, mitra rider, mitra vendor dan user
- berkoordinasi dg KORCAB dalam memperomosikan klikQuick dan kerjasama dengan berbagai pihak
- Berkoordinasi dg KORCAB dalam menjalankan operasional klikQuick
- Mengedukasi dan memberikan arahan pada mitra Rider, Vendor dan Merchant Supaya bisa berjalan sesuai dengan arahan
- Memantau dan mengawasi mitra Merchant, Rider dan Vendor
- melaporkan setiap transaksi, pertumbuhan, dan perkembangan wilayahnya kepada KORCAB
- Bertanggung jawab dalam setiap kebjakan dan pekerjaan yang dilakukan oleh Rider, Vendor dan Merchant juga Agen Ministore.

18
[6:39:10 AM]FAQ MITRA CABANG:
Bagaimna mekanisme mendaftar sebagai Pengelola Cabang?

Jawab
1. Jika mengajukan sebagai KORWIL langkah2 nya sebagai berikut:

A. Isi data disini :

http://klikquick.co.id/home.php?m=cabang

B. Kirim berkas berupa scan : ktp, KK dan poto close up ke no ini via wa : 083827823293 (fajar)
C. Taken MOU

2. Jika mengajukan sebagai KORCAB

A. Daftar melalui KORWIL
Untuk mengetahui kontak korwil bisa hubungi CS klikQuick di 081-3131-0- 3131 (via Wa)

B. Melampirkan Scan / FC KTP dan KK disertai poto close up kepada korwil

C. Taken MOU

D. Input data oleh KORWIL

D. Masuk grup telegram (KlikQuick Indonesia), Grup Kumpulan para Korcab dan grup Mitra cabang di FB

E. Download Apps klikQuick dan memberikan rating *5 di playstore.

F. Membuat email dan FB KORCAB

2. Jika mengajukan sebagai KORCAM

A. Daftar melalui KORCAB
Untuk mengetahui kontak KORCAB bisa hubungi CS klikQuick di 081-3131-0- 3131 (via Wa)

B. Melampirkan Scan / FC KTP dan KK disertai poto close up kepada KORCAB

C. Taken MOU

D. Input data oleh KORCAB

D. Masuk grup telegram (KlikQuick Indonesia), Grup Kumpulan para Korcab dan grup Mitra cabang di FB

E. Download Apps klikQuick dan memberikan rating *5 di playstore.

F. Membuat email dan FB KORCAM
Mitra Klikquick

Apakah ada juknis cara membuat email dan Facebook korwil, korcab dan korcam?

Jawab:
Ada silakan download disini:
https://drive.google.com/file/d/0B5Zdd6a7P_SANW9iQ3owSW5XUEE/view?usp=drivesdk
JUKNIS MEMBUAT EMAIL DAN FACEBOOK WILAYAH.pptx
edited
Apa saja keuntungan menjadi KORCAM?



> FAQ MITRA CABANG
> Apa saja keuntungan menjadi KORCAM?


Apa saja langkah-langkah jika sudah mendaftar dan sudah disetujui menjadi Mitra Cabang Baik KORWIL, KORCAB dan KORCAM ?

Jawab:
1. Taken MOU dan melengkapi persyaratan adminsitrasi

2. Download apps klikQuick dan membuat akun klikQuick

3. Memberikan rating *5 di apls klikQuick di playstore

4. Membuat akun FB dan email korwil/korcab/korcam

5. Masuk grup Telegram (KlikQuick Indonesia) dan Grup mitra cabang di FB

6. Masuk grup koordinator di Wa sesuai dengan level cabang nya. Misal jika Korcab masuk grup khusus para korcab dalam 1 provinsi, jika Korcam masuk grup para korcam dalam 1 kota/kab

7. Follow dan like semua media sosial klikQuick

Berikut link2 nya:
Fanpage: facebook.com/klikQuick
Facebook Profil: Facebook.com/klikQuickIndonesia
Instagram: instagram.com/klikQuick
Twitter: twitter.com/klikQuick
Youtube : https://goo.gl/4bXLBx
Line@: https://line.me/R/ti/p/@fmp6106l

Silakan di Like, Follow dan Subscribe

7. Memperlajari klikQuick dan program2 mitra cabang lebih detail melalui Video2 Training yang sidah disediakan berikut link nya:
https://drive.google.com/folderview?id=0B5Zdd6a7P_SAbWo0NVFzb1FsTjA

8. Mulai membangun kemitraan di wilayah nya masing2

9. Mulai persiapan untuk running

Instagram
KlikQuick Indonesia (@klikquick) • Instagram photos and videos
5,909 Followers, 37 Following, 797 Posts - See Instagram photos and videos from KlikQuick Indonesia (@klikquick)

Apa perbedaan klikQuick dengan G*jek, Gr*b, atau lainnya?

1. KlikQuick secara BUSINESS MODEL adalah platform MARKETPLACE atau jual beli produk, bukan platform transportasi online. Walaupun ada layanan ojek online nya namun klikQuick dari ojek online ini secara transaksi tidak mengambil komisi atau bagi hasil dengan para mitra rider/driver.

Adapun mitra rider/driver adalah sebagai komponen pendukung dalam pengantaran produk dan 100% tarif ongkir untuk mitra rider/Driver.

Sedangkan tetangga sebelah ada mekanisme bagi hasil dg para mitra rider misalnya 80:20

2. KlikQuick fokus pada marketplace nya atau jual beli produknya dan marketplace klikQuick berkonsep C2C (customer to customer) bukan B2C (Business To Customer) sehingga setiap user / pengguna yg sudah memiliki akun di klikQuick sudah bisa membuka toko dan memposting produknya.

Sehingga mitra merchant bisa mengelola dan mengedit produk, toko dan harga sendiri

3. KlikQuick lebih fokus menguatkan dalam membangun kemitraan dengan konsep sinergi dan kolaborasi untuk memberikan manfaat sebanyak mungkin untuk banyak pihak khususnya para mitra klikQuick, bukan perusahaan yg mengandalkan kekuatan kapital yg besar sehingga banyak "membakar uang" untuk keuntungan perushaan.

4. KlikQuick lebih mengedepankan sisi kekeluargaan, gotong royong, persaudaraan dengan para mitra nya. Dan posisi perushaan dg para mitra adalah setara yang mana kebjakan2 perushaan harus atas dasar masukan, saran dan musyawarah dengan para mitra. Sedangkan tetangga sebelah perushaan cenderung dominan dalam mengambil kebjakan dan keputusan sehingga banyak kbjakan yg tidam sesuai dg harapan mitranya.

5. Secara fitur klikQuick di lengkapi denga sosial media sehinga para user / pengguna bisa saling berinteraksi, memberikan informasi baik text atau gambar, saling comment, like dan juga saling follow/unfollow

6. KlikQuick juga akan menghadirkan versi webnya sehingga para pengguna bisa menggunakan layanan klikQuick via laptop/PC melalui web.

7. KlikQuick memiliki kemitraan cabang hingha ke level kecamatan sehingga hal ini menjadi sebuah power untuk bisa saling bersinergi dengan umkm lokal di daerah2.
edited
Apakah klikQuick itu MLM?

Jawab:
KlikQuick bukan MLM tapi perushaan yang membangun kemitraan dengan mitra cabang dengan konsep SHARING ECONOMI (KEMITRAAN) dengan semangat SINERGI DAN KOLABORASI.

Jika MLM itu setau kami ada unsur money game dan uang pendaftaran. Sedangkan untuk menjadi mitra cabang klikQuick itu tidak ada biaya pendaftaran dan gratis.

Dan setau kami jika MLM ada semacam rekrut anggta tanpa batas wilayah. Sedangkan klikQuick konsepnya adalah kemitraab cabang dimna 1 wilayah hanya 1 orang pengelola cabang.

Jika setiap wilayah ada profit sharing nya wajar karena namanya juga bermitra dan syirkah atau kerjsama. Dan klikQuick konsep nya haring economi dg mekanisme sinergi dan kolaborasi.

Apakah dari pusat menyediakan anggaran untuk operasional seperti untuk membuat brosur, spanduk dll?

Jawab
Karena konsep nya adalah kemitraan pusat tida menyedikan angaran khusus secara cash untuk operasional di wilayah. Silakan menjadi tanggunga mitra secara mandiri. Dan perusahaan tidak mewajibkan untuk membuat kantor, brosur dll itu diserahkan kepada kebijakan dan inisiatif mitra cabang masing2.

Bahkan dulu kami sempat membuka mekanisme kemitraan cabang dengan sistem frenchise dg biaya 300 juta dri yng mau membuka cabang. Namun mnurut kami itu akan memberatkan mitra cabang kami yang pling penting mitra cabang komitmen dan bisa bertanggung jawab menjalankan program dan operasional.

Dan secara profit sharing pun pusat hanya mendapat share 10% jadi 90% masuk ke wilayah hingga ke level mitra cabang provinsi.

Namun kami memberikan pos khusus dri pendapatan klikQuick untuk masuk kas operasional KORCAB sebesar
profit sharing 10% dan 10.000 dari setiap pendaftaran mitra rider dan Vendor.

Selain itu juga pusat akan memberikan support dalam hal tool marketing berupa desain promosi, marketing kit, editing video, konten marketing, dan dashboard untuk monitoring transaksi.

27
[7:39:12 AM]FAQ MITRA CABANG:
Bagaimna Jika KORCAM merefeferensikan Mitra Rider, Vendor, dan merchant ke KORCAM lain yang berbeda wilayah?
Jawab
Silakan nanti ada semacam fee referal bagi yang mereferensikan sebagai apresiasi berikut mekanismenya:

1. Jika mareferensikan RIDER,
Komisi dari pendaftaran RIDER yang besarnya tergantung kebijakan KORCAB&KORCAM nya. Komisi diambil dri jatah Komisi korcam 50.000, misalnya 25.000 unfuk yang mereferensikan dan 25.000 untuk KORCAM.

2. Jika mereferensikan MERCHANT?
Komisi bagi yang mereferensikan diambil dari pendapatan klikQuick sebasar 10% selama 1 tahun.

Misal merchant yg direferensikan tersebut ada transaksi dg harga konsumen 120.000 dan harga reseller 100.000 maka selisih pndapatan untuk klikQuick sebesar 120.000-100.000 = 20.000 maka komisi referal nya adalah 10%*20.000 = 2000 dan terus berlku selama ada transaksi selama 1 tahun.

3. Jika mereferensikan Vendor.
Komisi ada dua:
A. Komisi dari pendaftaran vendor yang besarnya tergantung kebijakan KORCAB&KORCAM nya. Komisi diambil dri jatah Komisi korcam 50.000, misalnya 25.000 untuk yang mereferensikan dan 25.000 untuk KORCAM.

B. Komisi dari pendapatan klikQuick dari transaksi vendor yang di referensikan sebesar 10%.

Misal ada transaksi sebesar 100.000 dari vendor yang direferensikan tersebut.

Maka karena dengan klikQuick bagi hasilnya 80:20 maka htunganya berarti:
80.000 untuk vendor dan 20.000 untuk pendapatan klikQuick.

Karena vendor tersebut ada yang mererferensikan maka ada profit share sebesar 10% dri pndapatan klikQuick dri vendor yang di referensikan, maka jika dri hasil hitungan pndapatan klikQuick tadi hitunganya menjadi 10% dari 20.000 = 2000
Maka pndapatan yang mereferensikan sekitar 2.000 dan besarnya ini tergantung transaksi dan besarnya pendapatan klikQuick.

NB:
Konsep referal diatas berlaku juga bagi vendor, rider yang mau merferensikan.

Apakah mitra cabang bisa memantau transaksi, pendapatan dan lain2?

Jawab:
BISA. karena nanti akan diberikan 2 panel admin untuk sebagai tool operasional.

1. Panel admin untuk Koordinasi
Yaitu dashboard untuk monitoring kinerja korwil, korcab, korcam dan juga input data.

2. Panel admin untuk monitoring Transaksi:
Yaitu dashboard untuk monitoring transaksi, pertumbuhan merchant, vendor, monitoring posisi rider dll.

Bagaimana penggunaan Aplikasi untuk Mitra Rider?

Jawab:
Simulasi penggunaan aplikasi driver untuk presentasi kepada Calon Rider ini dapat dilihat disini.
https://youtu.be/y9mg_3Hm0is
YouTube
Simulasi Order App Driver KlikQuick Versi 1
Simulasi dan demo pengunaan dan fitur singkat dari app driver klikQuick versi 1. Untuk mendowload aplikasinya download disini: https://play.google.com/store/...

Mohon penjelasan mengenai komisi dan proyeksi pendapatan rider/driver?

Jawab:
Kalau rider tarif ongkir 100% untuk mitra rider jadi setiap ada order fee nya untuk Mitra Rider semua.

Itulah yang membedakan klikQuick dengan transportasi online lain jika mau posisi transportasi onlinenya yang mau diperbandingkan. :blush:

Boleh tidak merekrut rider yang belum punya SIM, tapi dia mau nanggung resiko dijalan kalau ada polisi dan lain-lain? mengingat di kecamatan saya masih sepi jadi jarang tukang ojeg yang punya SIM?

Jawab:
Sebetulnya standarnya harus ada SIM tapi jika KORCAB punya kebijakan lain dengan dasar disesuaikan dengan kondisi wilayahnya tapi bisa dipertangungjawabkan silakan saja.

Di kecamatan saya masih sepi untuk mitra vendor, kalaupun ada misal dapat 10 vendor terus transaksi berjalan, keesokanya pasti (kemungkinan besar) si user kalo menggunakan jasa vendor langsung japri, tidak melalui QK bagaimana solusinya?

Jawab:
Sampaikan saja nanti ke setiap user, bahwa jika order diluar apps (aplikasi) jika ada trouble/masalah maka crew klikQuick tidak bertangung jawab.

Treatment lainya nanti kita bisa buat semacam reward supaya user bisa aktif order via apps entah itu voucher, dan lain-lain.:blush:
edited
Apakah jika mereferensika KORCAB/KORCAM ke wilayah lain dapat komisi?

Jawab:
Khusus mereferensikan KORCAB atau KORCAM tidak ada komisinya atau profit secara materi namun insyaAllah itu akan menjadi kebaikan bagi Bapak/Ibu dan setiap kebaikan akan kembali pada diri kita:blush:.

Jika Ada merchant yg didaftarkn oleh Kita namun posisi merchant beda wilayah dgn Kita, boleh Kah?

Jawab:
Boleh silakan nanti berlaku komisi referal yang di dapatkan dengan mekanisme seperti yang sudah dijelaskan di atas :blush:

Apakah KORCAM bisa memblokir mitra rider/Vendor?

Jawab:
Yang memiliki otorisasi mensuspend atau memblokir mitra adalah admin pusat atas laporan dri KORCAM dan pengajuan dri KORCAB dengan dilengkapi dengan Bukti2 pelanggaranya. :blush:


Misal rider KlikQuick terima orderan berupa makanan. Sebelum dipesankan ridernya konfirmasi dan sudah memesan, akan tetapi setelah dekat tujuan tiba-tiba putus komunikasi dan tidak bisa dihubungi atau order fiktif misalnya.
apa tindakan yang harus dilakukan oleh Rider tersebut?


Jawab:
Rider bisa konfirmasi terlebih dahulu dan memastikan bahwa itu order fiktif atau memang user yg dihuningi handphonenya mati sehingga tidak bisa komunikasi.

Namun jika sudah dipastikan order fiktif maka rider bisa hubungi merchant untuk pengajuan diretur atau dikmblkkan.
Namun jika tidak bisa dikembalikan silakan menghubungi KORCAM ATAU KORCAB.
KARENA ada semacam pos anggaran untuk claim orderan yang bermasalah tapi nanti dlihat dulu kasusnya seperti apa. Dan dimana kesalahannya, nanti KORCAB yang memberikan kebijakan. Dan anggaran ini dari kas KORCAB yg dri 10.000 dri pendaftaran mutra rider / vendor dan juga dari pos anggaran 10% untuk kas Operasional Korcab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana langkah/mekanisme jika ada Rider/Vendor yang mendaftar?

Bagaimana langkah/mekanisme  jika ada Rider/Vendor yang mendaftar? Jawab: 1. Rider/Vendor mendaftar ke KORCAM dan mengisi form offline ya...