Senin, 18 Desember 2017

FAQ MITRA RIDER/DRIVER KQ

Apa yang dimaksud dengan Mitra Rider?

Jawab:
- Mitra Rider Adalah mitra klikQuick yang memiliki kendaraan Bermotor Roda dua yang dimna salah satu tugasnya adalah membelanjakan produk, mengaantarkan produk, barang, paket, dokumen, dan penumpang.

- Mitra Driver adalah mitra klikQuick yang memiliki kendaraan Bermotor Roda empat misalnya mobil bak, mobil box, truk, atau mobil pribadi, yang dimna salah satu tugasnya adalah membelanjakan produk, mengaantarkan produk, barang, paket, dokumen, dan penumpang.

Bagaimana ikatan dan aqad Mitra Rider-Driver dengan perushaan klikQuick?


Jawab:
Konsep akad nya adalah kemitraan dengan semangat sinergi dan kolaborasi, jadi konsepnya mitra Rider-Driver bukan ikatan kerja dengan sistem gajih tapi bisa dikatakan freelence atau kerja lepas dimana pendapatan tergantung order atau transaksi pesanan yang di dapatkan.

Bagaimana mekanisme untuk bergabung menjadi mitra Rider/Driver?

Jawab:

Cara bergabung menjadi mitra rider-driver adalah sebagai berikut:
1. Mendaftar dan Mengisi formulir offline melalui korcam (Pengelola cabang wilayah kecamatan) sesuai dengan kecamatan domisili atau tempat tinggal calon mitra

2. Melengkapi lampiran berupa:
- Scan/FC KTP
- Scan/FC Kartu Keluarga
- Scan/FC SIM
- Scan/FC STNK
Dan diberikan kepada Korcam wilayah kecamatanya

3. Menandatangani MOU yang sudah disediakan

4. Foto Close Up dengan memakai jaket klikQuick untuk poto profil fan I'd card

5. Data yang sudah di berikan akan diinput oleh KORCAB dan akan diverifikasi oleh admin pusat.

6. Jika di approve maka akun rider/driver akan dibuatkan

7. Training Penggunaan aplikasi baik melalui Edukasi Korcam atau melalui Video

8. Running

Apakah rider-driver diberikan ansuransi atau semacamnya?

Jawab:

Karena konsepnya adalah kemitraan bukan ikatan kerja maka perusahaan tidak memberikan ansuransi jiwa maupun kesehatan dan kecelakaan dan jika terjadi resiko kecelakaan atau tindal kriminal sudah menjadi resiko mitra rider-driver. Walauapun demikin tentunya perusahaan akan memberikan santunan yang besarnya tidak ditentukan sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan kekeluargaan.

Mohon penjelasan mengenai komisi dan proyeksi pendapatan rider/driver?

Jawab: Tarif atau ongkir yang diterima rider adalah 100% menjadi hak milik rider jadi tidak ada komisi yang diberikan kepada perusahaan. Sedangkan yang lain biasanya ada komisi bagi hasil ada yg 70:30, 80:20, 90:10 dan 95:5.

Sehingga pendapatan rider tidak dipotong dan tidak perlu disetorkan.

Apakah jika rider mereferensikan rider lain mendapatkan komisi atau imbalan?

Jawab:
Ada imbalan atau komisi jika rider mereferensikan rider lain.
Besarnya komisi tergantung bagaimna kbjakan korcab di wilayah masing2.

Apakah ada biaya untuk menjadi rider/Driver?

Jawab:
Ada biaya sebesar 250.000 dan bisa diangsur selama 2 bulan dengan beberapa x pembayaran bisa harian, mingguan atau per bulan.

Biaya 250.000 ini dapat apa saja?

Jawab:

1. Mendapatkan seragam Jaket
2. ID Card
3. Lisensi aplikasi atau akun

Dan biaya ini setiap 1 tahun sekali. Karena kerjasamanya dibatasi selama 1 tahun dan akan digantikan lgi dg atribut yang baru.

Apa perbedaan klikQuick dengan G*jek, Gr*b, atau lainnya?

1. KlikQuick secara bisnis model adalah platform marketplace atau jual beli produk bukan platform transportasi online. Walaupun ada layanan ojek online nya namun klikQuick dri ojek online ini secara transaksi tidak mengambil komisi atau bagi hasil dengan para mitra rider/driver. Adapun mitra rider/driver sebagai komponen pendukung dalam pengantaran produk dan 100% tarif ongkir untuk mitra rider/Driver. Sedangkan tetangga sebelah ada mekanisme bagi hasil dg para mitra rider misalnya 80:20

Jadi klikQuick secara bisnia berbeda hampir 80% dari tetangga sebelah :)

2. KlikQuick fokus pada marketplace nya, jual beli produknya dan marketplace klikQuick berkonsep C2C (customer to customer) bukan B2C (Business To Customer) sehingga setiap user / pengguna yg sudah memiliki akun di klikQuick sudah bisa membuka toko dan memposting produknya. Sehingga mitra merchant bisa mengelola dan mengedit produk, toko dan harga sendiri

3. KlikQuick lebih fokus menguatkan dalam membangun kemitraan dengan konsep sinergi dan kolaborasi untuk memberikan manfaat sebanyak mungkin untuk banyak pihak khususnya para mitra klikQuick, bukan perusahaan yg mengandalkan kekuatan kapital yg besar sehingga banyak membakar uang untuk keuntungan perushaan.

4. KlikQuick lebih mengedepankan sisi kekeluargaan, gotong royong, persaudaraan dengan para mitra nya. Dan posisi perushaan dg para mitra adalah setara yang mana kebjakan2 perushaan harus atas dasar masukan, saran dan musyawarah dengan para mitra. Sedangkan tetangga sebelah perushaan cenderung dominan dalam mengambil kebjakan dan keputusan sehingga banyak kbjakan yg tidam sesuai dg harapan mitranya.

5. Secara fitur klikQuick di lengkapi dengan sosial media sehinga para user / pengguna bisa saling berinteraksi, memberikan informasi baik text atau gambar, saling comment, like dan juga saling follow/unfollow

6. KlikQuick juga akan menghadirkan versi webnya sehingga para pengguna bisa menggunakan layanan klikQuick via laptop/PC melalui web.

7. KlikQuick memiliki kemitraan cabang hingha ke level kecamatan sehingga hal ini menjadi sebuah power untuk bisa saling bersinergi dengan umkm lokal di daerah2.

edited 

Apa saja keunggulan atau alasan harus menjadi mitra rider klikQuick?

Jawab:
1. Tarif / ongkir 100% untuk mitra
2. Tidak ada tutup poin dan syarat performa
3. Tidak otomatis atau asal suspend, jika disuspend akan diberikan SP terlebih dahulu
4. Lebih mengedapankan sisi kekeluargaan, persaudaraan dan kebijakan2 atas dasar hasil musyawarah dan pertimbangan masukan dari para rider

5. Diberikan pendanpingan dan materi2 pengembangan diri

6. Bisa mengakuisisi merchant dan vendor sebanyak mungkin dan mendapatkan komisi dri setiap transaksi penjualan

7. Bisa di kerjakan kapanpaun dan dimanapun tanpa ada punismen suspend.

8. User Bisa berlangganan

9. Diberikan reward bagai rider yang aktif dan berprestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana langkah/mekanisme jika ada Rider/Vendor yang mendaftar?

Bagaimana langkah/mekanisme  jika ada Rider/Vendor yang mendaftar? Jawab: 1. Rider/Vendor mendaftar ke KORCAM dan mengisi form offline ya...