Q: Pertama perihal legalitas di wilayah ini berjalannya masuk ke dalam ranah otonomi manajemen KORCAB. Ada 3 opsi mengenai ini :
(1). KORCAB dan KORCAM membentuk koperasi, jadi secara administratif koperasi tersebut bekerjasama dengan PT. Klik Quick Indonesia. Kelebihan opsi ini akan lebih mudah dalam perizinanya dan anggotanya bisa para KORCAM dan mitra rider/vendor/merchant atau salah satunya saja.
(2). Sebagai perwakilan cabang, namun opsi ini perlu ada kantor cabang tentunya, dan biasanya perlu ada IG, SIUP, TDP, dan lain-lain.
(3). Hidden Operasional. Jadi operasional tetap jalan karena sifatnya online seperti halnya bukal*pak, tok*pedia dan lain-lain tidak ada izin di wilayah dan lain-lain. Karena memang perihal eCommerce ini belum ada regulasi yang standar dari pemerintah.
Namun jika opsi nomor 3 yang dipilih, saran tetap dikonsultasikan dan dikomunikasikan dengan stakeholder setempat dengan membuat surat pemberitahuan. Kemudian terkait Dinaskertrans Insya Allah tidak ada relevansinya karena konsep klikQuick itu kemitraan bukan ikatan kerja. Demikian pula dengan BPJS.
A: Mengapa tagline KlikQuick berubah?
Q: Kenapa tagline dirubah yang awalnya " Jual Beli Mudah dengan Transportasi Lokal" menjadi "Marketplace Local Area" karena supaya pesannya lebih tersempaikan secara lebih explisit kepada audience bahwa klikQuick memang bisnis modelnya secara posisioning adalah marketplace berbasis LOCAL AREA bukan transportasi online ditambah lagi ada layanan QuickCarenya atau marketplace produk layanan jasa.
A: Profit sharing untuk KORCAM sekitar 30 - 40% itu sudah termasuk biaya operasional atau diluar itu?
Q: Sudah termasuk operasional. Saran untuk operasional bisa diambil dari kas KORCAB itu yang 10%.
A: Apakah ada teknik/tips-tips buat KORCAM untuk sosialisasi/memperkenalkan KlikQuick ke masyarakat awam?
Q: Untuk langkah awal:
1. Buat facebook klikQuick wilayah kecamatan
2. Add pertemanan yang tinggal di Kecamatan (tips cara add tertarget akan kita buat materinya)
3. Gabung dengan grup-grup WA Bisnis dan UMKM
4. Sosialisasi dan bergabung dengan komunitas bisnis.
5. Perkenalkan dulu ke orang-orang yang kita kenal seperti teman, saudara, tetangga dan lain-lain.
6. Perbanyak akuisisi merchant karena merchant otomatis sudah punya pelanggan sendiri bisa kita lakukan saling promo. Merchantnya kita promosikan dan merchant juga promosikan klikQuick ke pelanggannya.
7. Bisa mengadakan event seperti seminar, bazzar, dan lain-lain (hal ini kita akan buat juknisnya)
A: Bagaimana dengan mekanisme pendaftaran sebagai Mitra Vendor atau Mitra Rider, apakah bisa dicicil?
Q: Uang pendaftaran mitra rider dan vendor silakan disesuaikan saja angsurannya tergantung kebijakan masing2 KORCAB dan KORWIL mekanisme angsurannya. Hanya saja biaya ini harus tetap ada tidak bisa free karena ada biaya atribut, Id Card dan juga sebagai bentuk kontribusi Mitra Rider karena kemitraan dengan para rider tidak ada profit sharing dari setiap ongkir (100% untuk mitra). Sebetulnya tetangga sebelah, membayar dengan cara dicicil tapi kalau mereka angsurannya per hari kalau tidak salah 7000/hari. Nah silakan terkait angsuran untuk Mitra Rider disesuaikan saja tergantung kebijakan masing-masing KORCAB dan KORWIL apakah mau dibuat perhari atau per minggu atau dibuat 4x pembayaran.
Hanya saja pusat sebagai acuannya untuk mngeluarkan atribut setelah cicilan masuk 150.000 supaya meminimilasir resiko hit and run.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar